RAKYAT.NEWS, HEALTH – Obat pusing berputar, atau yang juga dikenal dengan istilah vertigo, dapat mengganggu keseharian seseorang. Vertigo sering disebabkan oleh masalah dalam sistem vestibular di dalam telinga dalam yang mengontrol keseimbangan dan orientasi spasial seseorang.

Baca Juga : Mengenal Manfaat Terigu Protein Tinggi
Penyebab Vertigo

Beberapa faktor yang dapat menjadi penyebab vertigo antara lain:
1. Peradangan atau infeksi pada telinga dalam.
2. Terbentuknya kristal yang terjebak di saluran telinga dalam.
3. Trauma pada kepala atau leher.
4. Kelainan genetik.
5. Penyakit neurologis.

Cara Mengatasi Vertigo

Bagi penderita vertigo, ada beberapa cara untuk mengatasi mereka. Berikut ini adalah beberapa metode yang dapat dilakukan untuk mengatasi vertigo:

1. Terapi Fisik
Terapi fisik dapat membantu meningkatkan kestabilan otot dan keseimbangan tubuh. Latihan-latihan ini mungkin memerlukan bantuan profesional dari seorang terapis fisik terlatih, yang dapat merancang program latihan yang sesuai dengan kondisi tertentu Anda.

2. Mengubah posisi kepala
Mengubah posisi kepala, seperti memutar kepala dengan perlahan, dapat membantu memindahkan kristal yang terjebak yang menyebabkan vertigo. Teknik ini disebut dengan nama manuver semont.

3. Medikasi
Beberapa obat dapat membantu meredakan gejala vertigo, obat-obatan tersebut umumnya mempengaruhi kinerja sistem vestibular di dalam telinga. Seperti antihistamin dan diuretik.
4. Istirahat
Istirahat dan tidur yang cukup dapat membantu meredakan gejala vertigo. Setelah Anda merasa stabil dan sedikit lebih baik, mulailah bergerak perlahan-lahan. Anda mungkin tidak ingin melakukan lebih banyak aktivitas, tetapi terkadang gerakan selama ini mampu mengembalikan keseimbangan tubuh.

5. Relax dan Hindari stress
Relax dan tidur yang cukup dapat membantu meredakan stress. Dimana stress dapat berkontribusi dalam menyebabkan vertigo atau memperburuk gejala vertigo.