Terlepas dari itu semua, kita juga harus mencari solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut. Sekarang, terdapat tiga strategi yang dapat digunakan dalam mengatasi kebimbangan dalam mengambil keputusan.

Startegi Untuk Menyikapi Kebimbangan Dalam Mengambil Keputusan :

  1. Belajar Menerima Risiko, karena ketegasan dapat mempengaruhi pola pikir dan kepercayaan diri. Merasa bimbang dengan berbagai pilihan akan membuat kepercayaan diri menurun. Karena, efek jangka panjangnya akan mengurangi kepercayaan pada diri sendiri. Oleh karena itu, belajar menerima resiko yang menyertainya. Belajar menerima kenyataan bahwa akan selalu ada ketidakpastian dalam hidup.
  2. Ubah Fokus, jika ingin menjadi orang lebih tegas, harus berlatih dalam pengambilan keputusan yang cepat. Selama ada dalam jangka waktu 30 menit. Setelah ambil keputusan yang tepat, ubah fokus dengan mengatakan “Saya merasa gembira bahwa saya bisa tegas” daripada menemukan keputusan tepat. Ketika merasa gembira karena bertindak tegas, hal tersebut dapat mengobarkan perasaan termotivasi dan tegas lagi diwaktu mendatang.
  3. Tanya pada Diri Sendiri “Apa yang akan saya lakukan jika keputusan itu salah/gagal?”, hal ini bertujuan agar kita bisa memikirkan konsekuensi buruk, kemudian kita bisa mencari solusi alternatif yang bisa menopang kemungkinan kegagalannya. Jikapun itu gagal, kita bisa menerimanya dengan lapang dada.