RAKYAT.NEWS, EDUKASI – Tidak dapat disangkai bahwa bumi kita menua tua dan semakin mengalami kerusakan. Oleh karena itu, kita harus mulai melakukan tindakan preventif dan mulai memperbaiki bumi kita dengan tindakan kecil dari rumah kita sendiri. Salah satu cara untuk membantu memperbaiki bumi kita adalah dengan menerapkan prinsip 3R, yaitu reuse/reuse, reduce, dan recycle. Cara sederhana menerapkan prinsip 3R adalah dengan membuat tempat tisu dari kardus bekas.

Baca Juga : Siswa SMKN 5 Makassar Ikuti Kegiatan Belajar Bareng Ahlinya Baja Ringan

Untuk membuat tempat tisu dari kardus bekas, kamu hanya membutuhkan bahan-bahan berupa kardus bekas dan lem. Kamu dapat menemukan kardus bekas di sekitar rumah atau di toko-toko yang menghasilkan banyak kardus bekas, seperti toko buku atau toko elektronik.

Cara pembuatan tempat tisu dari kardus bekas ini sangat mudah dan bisa kamu lakukan di rumah. Pertama, siapkan kardus bekas yang akan dijadikan tempat tisu. Kemudian, potong kardus menjadi ukuran yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Setelah itu, gunakan lem untuk menyatukan kardus yang telah dipotong tersebut.

Setelah kamu selesai membuat tempat tisu dari kardus bekas, kamu bisa langsung menggunakannya. Kamu bisa meletakkan tempat tisu kamu di tempat yang mudah dijangkau, seperti di meja atau di dapur. Kamu juga bisa menghias tempat tisu kamu dengan berbagai macam bahan seperti kain flanel atau pita untuk memberikan tampilan yang lebih menarik.

Dengan menerapkan prinsip 3R ini, kamu tidak hanya membantu untuk mengurangi sampah di bumi kita, tetapi juga memberikan tampilan yang lebih menarik bagi rumahmu. Selain itu, kamu juga dapat memberikan contoh yang baik kepada orang lain untuk memulai untuk menerapkan prinsip 3R ini dalam keseharian mereka.