RAKYAT.NEWS, HEALTH – Senam lantai menjadi salah satu olahraga ringan yang dapat membantu mengencangkan tubuh. Olahraga ini dilakukan di atas permukaan lantai dengan gerakan-gerakan yang terkadang memerlukan latihan keseimbangan dan fleksibilitas. Biasanya, senam lantai dilakukan dengan gerakan meluncur atau berguling ke depan atau ke belakang, gerakan putar dan juga meloncat ke atas.

Senam lantai memerlukan keseimbangan, koordinasi, dan kekuatan untuk melakukannya dengan benar. Namun, hal ini tidak berarti olahraga ini hanya untuk atlet profesional atau mereka yang sudah terbiasa dalam senam lantai. Bahkan, senam lantai dapat dilakukan oleh siapa saja dengan berbagai level keterampilan dan usia. Banyak sekali gerakan dasar dari senam lantai yang mudah dilakukan untuk pemula.

Senam lantai memiliki berbagai manfaat untuk tubuh yang sangat baik. Antara manfaat-manfaat tersebut adalah:

1. Menjaga kebugaran tubuh

Senam lantai menawarkan latihan yang sangat baik untuk melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh. Gerakan-gerakan yang dilakukan juga dapat membantu untuk memperbaiki fleksibilitas tubuh. Selain itu, gerakan melompat juga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot-otot tubuh.

2. Meningkatkan kesehatan mental

Senam lantai bergantung pada keseimbangan dan koordinasi, ini dapat membantu meningkatkan konsentrasi, ketahanan mental, serta mengurangi stres. Olahraga ini dapat memberikan pengalaman yang menyenangkan dan memiliki dampak positif pada kesehatan mental Anda.

3. Meningkatkan postur tubuh

Gerakan senam lantai juga membantu memperbaiki postur tubuh dengan melatih pusat otot tubuh, melatih otot-otot punggung, dan membantu mengurangi kelengkungan tulang belakang.

4. Mengurangi risiko cedera

Senam lantai dikenal dalam dunia atlet sebagai olahraga yang paling aman karena biasanya dilakukan di atas permukaan lantai yang halus dan empuk. Selain itu, melakukan olahraga ini secara teratur dapat membantu memperkuat otot-otot dan ligamen, sehingga dapat mengurangi risiko cedera pada tubuh.