RAKYAT.NEWS, HEALTH – Indonesia dengan kekayaan yang melimpah selain dengan tumbuhan juga kaya dengan banyak jenis ikan yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Salah satunya adalah ikan gabus yang kerap digunakan dalam pengobatan.

Ikan gabus atau sering disebut ikan air tawar ini terkenal sebagai ikan yang memiliki rasa yang lezat dan dapat diolah menjadi berbagai masakan. Namun, ikan gabus tak hanya memiliki rasa yang enak, tapi juga memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Ikan gabus obat atau yang juga dikenal dengan sebutan Channa Striata ini, sebenarnya memiliki kandungan yang dapat dijadikan sebagai pengobatan untuk berbagai penyakit. Beberapa kandungan tersebut antara lain adalah protein, vitamin B, asam lemak omega 3-6, zat besi, kalsium, fosfor, selenium, dan magnesium.

Kandungan tersebut ternyata dapat membantu meningkatkan sistem imun tubuh, mencegah penyakit jantung, menurunkan kolesterol, menurunkan risiko terkena kanker, serta membantu proses penyembuhan pada luka dan peradangan.

Selain itu, ikan gabus obat juga dapat digunakan sebagai pengobatan alternatif untuk beberapa penyakit, seperti asma, diabetes, dan penyakit kulit.

Tentunya, ikan gabus obat tidak semudah itu didapatkan. Pasalnya, ikan gabus obat merupakan salah satu keajaiban yang disembunyikan dari hutan Indonesia. Ikan gabus obat hanya dapat ditemukan di daerah-daerah tertentu di Indonesia.

Namun, meskipun sulit didapatkan, ikan gabus obat dapat diolah menjadi berbagai macam olahan seperti sup, bakso, atau steak yang dapat dinikmati dengan lezat.

Olahan-olahan ikan gabus obat juga dapat dikonsumsi oleh siapa saja, baik anak-anak hingga orang dewasa. Namun, bagi yang memiliki alergi terhadap ikan, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengonsumsi ikan gabus obat.