RAKYAT NEWS, Kesehatan – Peluang untuk memiliki anak bagi pasangan yang ingin memulai keluarga bisa menjadi suatu kehidupan yang membahagiakan. Namun, terkadang beberapa pasangan mengalami kesulitan dalam mendapatkan keturunan. Beberapa dari mereka bahkan mengalami masalah kesuburan. Namun, tidak perlu khawatir, berikut ini ada lima tips agar cepat hamil yang dapat membantu pasangan yang ingin memiliki anak.

Baca Juga : 4 Pengaruh Kesehatan Asam Folat pada Ibu Hamil
1. Menjaga pola makan yang sehat

Pola makan yang seimbang dan bergizi akan membantu menjaga kondisi kesehatan dan kesuburan pasangan. Konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak jenuh dan gula harus dihindari karena dapat mempengaruhi kemampuan pasangan untuk memiliki anak. Makanan yang sehat seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, ikan, dan telur dapat menjadi pilihan yang baik untuk mendapatkan vitamin dan protein yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesuburan. Olahraga juga menyebabkan penurunan stres, yang dapat membantu meningkatkan kesempatan untuk hamil. Pasangan dapat mencoba melakukan olahraga seperti jalan santai, berenang, atau yoga untuk membantu meningkatkan peluang untuk memiliki anak.

Baca Juga : Keji! Ayah Tiri Lecehkan Anak Hingga Hamil 4 Bulan
3. Meningkatkan kualitas tidur

Tidur yang tidak cukup dapat mempengaruhi kesuburan, terutama pada wanita. Pasangan harus tidur minimal delapan jam secara teratur untuk mendapatkan istirahat yang cukup untuk tubuh. Wanita juga sebaiknya tidur di sisi kiri tubuh mereka, karena posisi ini dapat membantu meningkatkan aliran darah ke rahim dan memperbaiki kualitas tidur.

4. Menghindari stress

Stress dapat mempengaruhi kesuburan karena menghasilkan hormon kortisol, yang dapat mempengaruhi produksi hormon yang mempengaruhi kesuburan. Pasangan dapat mencoba teknik pernafasan dan meditasi untuk mengurangi stres dan menciptakan lingkungan yang lebih santai. Jika merasa stress berlebihan, pasangan juga dapat mempertimbangkan konseling atau terapi.

5. Meningkatkan frekuensi hubungan seksual

Meningkatkan frekuensi hubungan seksual menjadi tiga sampai empat kali seminggu dapat meningkatkan peluang untuk hamil. Hal ini karena hubungan seksual yang lebih sering dapat membantu memastikan bahwa pasangan melakukannya pada saat ovulasi. Pasangan juga sebaiknya mencoba berhubungan seksual pada hari-hari yang tepat untuk meningkatkan peluang untuk hamil.