RAKYAT NEWS, Kesehatan – Kanker tiroid adalah jenis kanker yang berkembang di kelenjar tiroid. Kelenjar ini terletak di leher dan menghasilkan hormon yang mengatur metabolisme tubuh. Meskipun relatif jarang, kanker tiroid dapat menyerang siapa saja pada usia berapa pun. Di Amerika Serikat, diperkirakan sekitar 52.000 kasus baru kanker tiroid akan didiagnosis pada tahun 2021, menurut American Cancer Society. Memahami tanda, gejala, dan pilihan pengobatan untuk kanker tiroid sangat penting untuk deteksi dini dan pengobatan yang efektif.

Tanda dan gejala

Pada tahap awal, kanker tiroid mungkin tidak menimbulkan gejala yang nyata. Namun, seiring pertumbuhan kanker, tanda dan gejala berikut dapat terjadi:

– Benjolan atau bintil di leher
– Pembengkakan atau pembesaran kelenjar tiroid
– Suara serak atau kesulitan berbicara
– Kesulitan menelan atau bernapas
– Nyeri di leher atau tenggorokan
– Perubahan nada suara

Gejala tersebut belum tentu menandakan adanya kanker tiroid, namun tetap harus diperiksakan ke dokter.

Jenis Kanker Tiroid

Ada empat jenis utama kanker tiroid:

– Kanker tiroid papiler: Ini adalah jenis kanker tiroid yang paling umum, terhitung sekitar 80% kasus. Biasanya tumbuh perlahan dan dapat menyebar ke kelenjar getah bening di dekatnya.
– Kanker tiroid folikuler: Jenis kanker ini menyumbang sekitar 10% kasus. Itu juga tumbuh perlahan tapi bisa menyebar ke pembuluh darah atau organ terdekat.
– Kanker tiroid meduler: Jenis kanker ini kurang umum, terjadi pada sekitar 4% kasus. Itu berasal dari sel C tiroid dan dapat menjadi bagian dari kondisi genetik yang diwariskan.
– Kanker tiroid anaplastik: Ini adalah jenis kanker tiroid yang paling langka dan agresif. Tumbuh dengan cepat dan dapat menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Pilihan pengobatan

Perawatan untuk kanker tiroid tergantung pada jenis dan stadium kanker, serta kesehatan pasien secara keseluruhan. Pilihan pengobatan umum meliputi: