RAKYAT.NEWS, HEALTH – Daun selasih, atau yang dikenal dengan nama basil, selama ini lebih dikenal sebagai bumbu masakan atau aroma pengharum ruangan. Namun, tahukah Anda bahwa daun selasih memiliki khasiat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh? Inilah rahasia khasiat daun selasih untuk kesehatan tubuh yang perlu Anda ketahui.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Daun selasih mengandung senyawa antioksidan, seperti flavonoid dan polifenol, yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Senyawa-senyawa tersebut membantu melawan radikal bebas dan mengurangi risiko terkena infeksi.

2. Mencegah Inflamasi

Selain mengandung senyawa antioksidan, daun selasih juga memiliki kandungan anti-inflamasi yang bermanfaat untuk mencegah peradangan pada tubuh. Polifenol pada daun selasih dapat mengurangi risiko penyakit kronis, seperti arthritis, jantung, dan kanker.

3. Menurunkan Kadar Gula Darah

Daun selasih mengandung senyawa asam rosmarinat yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Senyawa ini bekerja dengan meningkatkan produksi insulin dan memperbaiki penggunaan glukosa tubuh.

4. Mengatasi Masalah Perut

Daun selasih telah digunakan selama berabad-abad sebagai obat herbal untuk masalah perut, seperti kembung, mual, dan diare. Senyawa eugenol pada daun selasih dapat membantu mengurangi gejala masalah perut dan meredakan peradangan pada sistem pencernaan.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Daun selasih juga memiliki khasiat untuk meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan magnesium pada daun selasih dapat membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh dan mengurangi risiko penyakit jantung.