RAKYAT.NEWS, HEALTH – Bunga dandelion atau biasa disebut juga dengan ‘lion’s tooth’ atau ‘puha’ adalah bunga yang memiliki keindahan dan manfaat yang menakjubkan. Biasanya bunga ini tumbuh di area berumput dan dikenal dengan bijinya yang mudah tertiup angin.

Keindahan Bunga Dandelion

Bunga dandelion memiliki bentuk bunga yang unik dan menarik. Bagian kelopak bunga yang menyebar terlihat seperti polkadot kecil, sedangkan kelopak bunga yang berada di bagian daun bunga terlihat sangat indah dengan warna kuning cerah yang terang. Bunga ini biasanya didapati di sekitar area rumput.

Manfaat dari Bunga Dandelion

Selain memukau mata, bunga dandelion juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat dari bunga dandelion:

1. Sebagai antioksidan

Bunga dandelion begitu kaya antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit.

2. Mengatasi sakit perut

Bunga dandelion juga sangat berguna untuk mengatasi berbagai mual dan sakit perut, seperti sakit perut saat hamil atau menderita gangguan pencernaan.

3. Menjaga kesehatan ginjal

Bunga dandelion juga dapat membantu menjaga kesehatan ginjal dengan mengeluarkan racun dan kotoran dalam tubuh.

4. Menjaga kesehatan kulit

Ekstrak dari bunga dandelion memiliki kandungan anti-inflamasi yang tinggi, yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan memperbaiki kerusakan sel-sel kulit.

5. Mengurangi peradangan

Bunga dandelion juga bermanfaat untuk meredakan peradangan, termasuk peradangan pada sendi.

6. Penurun tekanan darah

Bunga dandelion juga dapat membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi.