RAKYAT.NEWS, HEALTH – Wortel kaya akan vitamin A, beta karoten, dan antioksidan yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Mengapa wortel sangat penting untuk kesehatan mata? Berikut ini penjelasannya.

1. Mengandung Vitamin A

Wortel mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Vitamin A adalah nutrisi penting yang membantu menjaga kesehatan mata. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan masalah pada penglihatan, mulai dari penglihatan kabur ringan hingga kebutaan. Karena itulah, wortel sangat direkomendasikan untuk mereka yang ingin menjaga kesehatan mata.

2. Kaya akan Beta Karoten

Selain vitamin A, wortel juga mengandung beta karoten yang tinggi. Beta karoten merupakan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Antioksidan ini bisa membantu melindungi mata dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu, beta karoten juga membantu memperbaiki kerusakan sel pada retina mata.

3. Meningkatkan Akurasi Penglihatan

Wortel memiliki kandungan yang dapat membantu meningkatkan akurasi penglihatan. Nutrisi yang terdapat pada wortel dapat membantu mata mengenali perbedaan warna dan meningkatkan kemampuan mata untuk melihat di lingkungan dengan cahaya rendah.

4. Mencegah Kerusakan Optik Saraf

Mengonsumsi wortel secara rutin juga dapat membantu mencegah kerusakan optik saraf. Kandungan vitamin A dan beta karoten pada wortel dapat mengurangi risiko kerusakan optik saraf yang sering terjadi akibat stres oksidatif dan gangguan radikal bebas pada sel saraf mata.

5. Melindungi Mata dari Radiasi UV

Wortel juga dapat melindungi mata dari kerusakan akibat paparan radiasi UV. Antioksidan seperti beta karoten pada wortel dapat membantu mengurangi kerusakan sel-sel di kulit bagian dalam mata. Dalam jangka panjang, hal ini dapat membantu mencegah terjadinya kerusakan mata.