RAKYAT.NEWS, HEALTH – Sariawan, atau yang juga dikenal dengan sebutan stomatitis aftosa, adalah luka kecil pada mulut yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Sariawan biasanya terjadi pada bibir, pipi, lidah, dan gusi. Selain membuat tidak nyaman, sariawan juga bisa menyebabkan rasa nyeri dan sulit saat makan atau minum. Obat kumur sariawan terbaik menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini. Berikut adalah beberapa obat kumur sariawan terbaik yang bisa kamu coba.

1. Heximer Mouthwash

Heximer adalah obat kumur sariawan terbaik yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan pada sariawan. Obat ini dikemas dengan bahan-bahan alami seperti chamomile dan clary sage oil, yang berfungsi untuk membersihkan dan menghilangkan mikroba yang menyebabkan sariawan.

2. Betadine Mouthwash

Betadine Mouthwash berfungsi sebagai antiseptik yang ampuh untuk melawan bakteri penyebab infeksi pada mulut yang bisa memperburuk kondisi sariawan. Betadine Mouthwash mengandung povidone-iodine 0,5% yang bisa meredakan rasa sakit dan membantu proses penyembuhan sariawan.

3. Magic Mouthwash

Magic Mouthwash biasanya diresepkan oleh dokter untuk kesehatan mulut dan tenggorokan. Obat ini mengandung lidocaine, antasida, dan asam benzoat yang berfungsi mengurangi rasa sakit, menjaga keseimbangan pH mulut, dan mempercepat proses penyembuhan.

4. Tantum Verde Mouthwash

Tantum Verde Mouthwash mengandung bahan aktif benzydamine yang memiliki efek analgesik atau penghilang rasa sakit. Obat ini bisa membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan pada sariawan hanya dalam waktu 30 menit setelah penggunaan.

5. Brotowali Gargle

Brotowali Gargle adalah obat kumur herbal yang mengandung ekstrak brotowali. Brotowali dipercaya mampu meredakan gejala sariawan serta membantu proses penyembuhan. Selain itu, obat kumur ini juga membersihkan rongga mulut dari kuman dan bakteri penyebab sariawan.