RAKYAT.NEWS, HEALTH – Diabetes adalah penyakit yang sering terjadi ketika kadar gula dalam darah seseorang terlalu tinggi, yang disebabkan oleh kurangnya insulin atau gangguan penggunaannya dalam tubuh. Hal ini dapat memiliki dampak yang serius pada kesehatan, termasuk kerusakan organ dan kebutaan.

Faktor resiko utama yang berkontribusi pada munculnya diabetes antara lain gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan malas beraktivitas fisik serta prilaku makan yang tidak seimbang. Namun, ada beberapa faktor resiko lainnya yang harus diperhatikan. Berikut adalah faktor resiko yang terkait dengan munculnya diabetes.

1. Keturunan

Jika ada riwayat diabetes pada keluarga, maka bisa meningkatkan risiko seseorang untuk terkena penyakit diabetes. Riwayat diabetes keluarga bisa berasal dari orangtuanya atau kakek-nenek, dan kemungkinan akan lebih besar jika ada lebih banyak anggota keluarga yang menunjukkan tanda-tanda diabetes.

2. Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan, adalah faktor resiko yang umum dikaitkan dengan diabetes. Orang yang gemuk atau obesitas cenderung memiliki tekanan darah yang lebih tinggi, lipid dalam darah lebih tinggi, dan risiko kardiometabolik yang lebih besar. Semakin besar berat badan seseorang, semakin besar kemungkinan mereka mengalami masalah diabetes.

3. Konsumsi gula yang berlebihan

Kandungan gula dalam makanan dan minuman harus dikontrol, karena konsumsi gula yang berlebihan dapat menyebabkan kenaikan kadar gula darah dalam waktu yang singkat. Gula peningkatan kadar gula ini akan memerlukan keluarnya insulin, dan konsumsi gula yang berlebih dapat menyebabkan pancaran sekresi insulin berlebih, yang memperburuk keadaan.

4. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok juga berkontribusi terhadap pengembangan diabetes karena merokok dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Selain itu, merokok juga dapat mempengaruhi fungsi insulin, yang mempersulit kemampuan tubuh untuk mengontrol kadar gula darah.