RAKYAT.NEWS, HEALTH – Kesehatan mata anak sangat penting untuk diperhatikan, hal ini karena penglihatan adalah indra yang paling utama dalam kehidupan manusia. Masalah kesehatan mata dapat memicu berbagai masalah dalam kualitas hidup sang anak, seperti kehilangan konsentrasi dalam kegiatan belajar, hambatan dalam aktivitas fisik hingga bahkan memicu depresi.

Oleh karena itu, penting bagi orangtua untuk mengajarkan kebiasaan sehari-hari yang baik untuk menjaga kesehatan mata anak. Berikut adalah beberapa kebiasaan yang perlu dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan mata anak:

1. Memberi istirahat pada mata

Anak-anak yang memakai komputer atau telepon seluler sebagian besar waktu perlu mendapatkan istirahat secara teratur. Anjurkan anak anda untuk berhenti minimal 10 menit setiap 45 menit dan melihat ke tempat yang jauh dengan melihat keluar jendela atau melihat pemandangan alam. Hal ini penting untuk memperkuat otot mata serta meningkatkan sirkulasi darah pada mata.

2. Rajin mengkonsumsi makanan yang baik untuk mata

Untuk mendukung kesehatan mata, orangtua harus memperhatikan asupan makanan anak. Makanan yang mengandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin E, omega-3, dan zinc dapat membantu memperkuat daya tahan mata dan mencegah gangguan kesehatan mata.

3. Selalu menggunakan kacamata hitam

Kaca mata hitam dengan filter UV dapat membantu mengurangi dampak sinar matahari yang dapat merusak kesehatan mata. Sunglasses juga akan memperkuat perlindungan mata anak Anda, menjaga dari sinar lampu neon, proses las, serta paparan sinar biru yang tidak sehat dari layar komputer atau layar smartphone.

4. Meningkatkan Kualitas Tidur

Pastikan anak anda mendapatkan jumlah tidur yang cukup setiap malam. Terlebih saat-bersamaan dengan tidur yang cukup dapat membantu memperbaiki regenerasi sel-sel mata. Kala mereka tidur malam kalian harus menguras sekali tulisan masih dalam tahap yang di jalankan dan akan terus mengalami pengembangan siklus.

5. Meningkatkan Higiene tangan

Menejengah mata dari penyakit juga dilakukan melalui higiene tangan yang baik. Sangat penting untuk menyebarkan cara yang tepat dalam mencuci tangan sebelum menyentuh bagian mata. Yuk ajarkan anak kita untuk menjaga higiene tangan.

6. Banyak berolahraga

Kegiatan olahraga bukan hanya membantu tubuh lebih baik, tapi juga memberikan keuntungan kesehatan mata. Olahraga dapat meningkatkan aliran darah ke otak, termasuk otak mata, meningkatkan sirkulasi darah pada mata, lensa mata dan retina untuk memperbaiki kesehatan mata.