RAKYAT.NEWS, HEALTH – Biang keringat merupakan kondisi kulit yang muncul akibat penyumbatan kelenjar keringat. Gejala dari hal tersebut adalah gatal-gatal, kemerahan pada kulit, serta munculnya bercak-bercak kecil pada kulit. Meski bukan kondisi yang membahayakan, namun jika biang keringat tak kunjung sembuh tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Biang keringat bisa terjadi pada siapa saja, tapi lebih sering terjadi pada bayi dan anak-anak. Hal ini dikarenakan kelenjar keringat pada anak-anak masih belum sepenuhnya selesai berkembang. Namun, biang keringat juga dapat terjadi pada orang dewasa yang terpapar panas, intensitas olahraga yang tinggi, dan lingkungan dengan kelembapan tinggi.

Penyebab Biang Keringat

Biang keringat terjadi ketika kelenjar keringat terganggu, baik karena penyumbatan, peradangan atau terlalu cepat menguap. Beberapa hal yang menjadi penyebab biang keringat adalah:

1. Lingkungan panas atau lembab.

2. Pakaian atau alas kaki yang ketat, terutama dalam waktu yang lama.

3. Kurangnya ventilasi udara pada kulit.

4. Aktivitas fisik yang tinggi.

5. Penggunaan kosmetik atau produk perawatan kulit yang tidak cocok.

Menurunkan Risiko Biang Keringat

Untuk mencegah biang keringat, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Pertama, hindari suhu yang terlalu panas atau lembab. Kedua, menggunakan pakaian dan alas kaki yang longgar dan terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat, seperti katun atau linen. Ketiga, mandi dengan air dingin atau hangat, sesuai dengan kesukaan Anda. Keempat, gunakan moisturizer yang ringan dan tidak menyumbat pori-pori.

Mengobati Biang Keringat

1. Hindari Menggaruk

Hal pertama yang harus dihindari adalah menggaruk area biang keringat karena hal ini dapat memperparah kondisi. Berikan salep atau krim antipruritik seperti hydrocortisone atau calamine lotion.

2. Bersihkan Kulit

Kulit yang terkena biang keringat harus selalu dibersihkan. Anda dapat menggunakan sabun yang ringan dan air hangat untuk membersihkan kulit, kemudian bilas dengan air dingin. Setelah itu, keringkan kulit dengan handuk lembut.

3. Menjaga Kelembapan Kulit

Jangan biarkan kulit kering karena hal ini dapat membuat biang keringat semakin parah. Oleh karena itu, perlu dilakukan pemberian pelembap pada kulit dan seringkali sirkulasi udara di dalam ruangan juga diperlukan.

4. Konsumsi Air Putih

Konsumsi air putih yang cukup penting untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah terjadinya biang keringat. Minum delapan hingga sepuluh gelas air putih setiap hari.

5. Minum Air Kelapa

Air kelapa merupakan minuman yang mampu menjaga kesehatan kulit serta membantu menormalkan kelenjar keringat. Hal ini dapat membantu penyembuhan biang keringat lebih cepat.