RAKYAT.NEWSM HEALTH – Kopi merupakan minuman yang dikonsumsi oleh banyak orang di seluruh dunia karena mempunyai kandungan kafein yang dapat meningkatkan energi dan memperbaiki mood. Namun, banyaknya konsumsi kopi hingga berlebihan, bisa berdampak buruk terhadap kesehatan wanita. Penting untuk memahami efek kopi yang berlebihan terhadap kesehatan wanita.

Efek Negatif Kopi Berlebihan Bagi Kesehatan Wanita

1. Meningkatkan Risiko Infertilitas

Minum kopi berlebihan terbukti dapat meningkatkan risiko infertilitas pada wanita karena kandungan kafein dalam kopi dapat mempengaruhi ovulasi wanita. Selain itu, kopi juga bisa mempengaruhi produksi hormon secara negatif, sehingga dapat mempengaruhi siklus haid.

2. Menyebabkan Kenaikan Berat Badan

Kopi yang dicampur dengan gula atau sirup bisa membuat konsumsi kopi menjadi tinggi kalori. Konsumsi kopi berlebihan yang tinggi kalori akan menyebabkan penambahan berat badan pada seseorang, sehingga sebaiknya hindari minuman ini jika Anda sedang mencoba menurunkan berat badan.

3. Menyebabkan Sakit Kepala

Efek negatif dari kafein dalam kopi dapat menyebabkan sakit kepala pada sebagian wanita. Kafein menjadi penyebab sakit kepala karena dapat mempengaruhi sistem saraf pusat yang kemudian memicu sakit kepala.

4. Mempengaruhi Kualitas Tidur

Minum kopi tidak cocok untuk dikonsumsi sebelum tidur karena dapat membuat seseorang merasa terjaga dan sulit tidur. Sama seperti efek minuman berkafein lainnya, konsumsi kopi terlalu banyak bisa mempengaruhi kualitas tidur dan akhirnya merusak pola tidur seseorang.

5. Merusak Kesehatan Jantung

Kafein dalam kopi bisa mengakibatkan peningkatan detak jantung dan tekanan darah. Konsumsi kopi secara terus-menerus dan berlebihan bisa meningkatkan risiko terhadap penyakit jantung yang serius.

6. Meningkatkan Risiko Terkena Kanker

Kurangnya penelitian yang dilakukan secara mendalam seputar hubungan antara kopi dan kanker membuat efek negatif kopi pada kesehatan menjadi belum dapat diketahui secara pasti. Namun, salah satu studi terbaru memperlihatkan bahwa wanita yang mengonsumsi kopi dalam jumlah yang banyak memiliki risiko meningkat terkena jenis kanker tertentu seperti kanker ovarium dan kanker payudara.