RAKYAT.NEWS, HEALTH – Kopi instan menjadi salah satu minuman yang paling disukai masyarakat dan bisa disajikan dalam waktu singkat, enak serta dapat membangkitkan semangat saat pagi hari. Namun, ternyata konsumsi kopi instan yang terlalu sering bisa menimbulkan bahaya.

Satu sachet kopi instan mengandung 60-80 miligram kafein. Ketika dikonsumsi secara teratur, kopi instan bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Berikut adalah bahaya-bahaya yang bisa ditimbulkan saat mengonsumsi kopi instan yang terlalu sering.

1. Menyebabkan Gangguan Pencernaan

Kafein yang terkandung dalam kopi instan bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Terlalu banyak kafein bisa mempercepat proses pencernaan, sehingga usus tidak bisa menyerap nutrisi yang cukup. Ini bisa mengakibatkan sembelit, diare dan sakit perut.

2. Menyebabkan Sakit Kepala

Mengonsumsi kopi instan terlalu sering bisa memicu sakit kepala atau migrain. Kafein bisa menyebabkan pembuluh darah di otak menyempit, sehingga aliran darah ke otak terhambat. Ini bisa menyebabkan sakit kepala dan bahkan migrain.

3. Merusak Kesehatan Jantung

Kafein yang terkandung dalam kopi instan bisa berdampak negatif pada kesehatan jantung Anda. Konsumsi kafein yang berlebihan bisa meningkatkan detak jantung hingga 100 kali per menit. Ini bisa meningkatkan risiko serangan jantung.

4. Menimbulkan Gejala Kecemasan

Kafein bisa memicu gejala kecemasan, seperti gelisah dan meningkatkan tekanan darah. Jika Anda sudah mengalami gejala kecemasan, konsumsi kopi instan sebaiknya dihindari.

5. Merusak Gigi

Kopi instan juga bisa merusak gigi Anda. Kopi instan yang dikonsumsi terlalu sering bisa meninggalkan noda pada gigi. Selain itu, kopi instan bisa memicu produksi asam dalam mulut dan mengikis lapisan pelindung pada gigi.