RAKYAT.NEWS, HEALTH – Masa kehamilan merupakan masa yang sangat penting dan harus dijaga dengan baik agar ibu dan janin tetap sehat. Meski kehamilan adalah keajaiban, tetapi tidak sedikit ibu hamil yang mengalami masalah selama kehamilan, seperti sakit leher. Leher yang sakit bisa sangat tidak nyaman bagi ibu hamil dan bisa menyebabkan masalah lain. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara mudah untuk mengatasi leher sakit pada ibu hamil.

Baca Juga : AG Akan Jalani Sidang Vonis, Pengacara David: Kami Hargai Keputusan Hakim
1. Tetap Aktif Secara Fisik

Meskipun Anda sedang mengalami sakit leher, tetap bergeraklah secara aktif. Dengan tetap aktif secara fisik, ini dapat membantu menjaga sirkulasi darah tetap lancar dan mencegah kram atau kejang otot. Anda bisa melakukannya dengan berjalan-jalan secara teratur, melakukan yoga, atau bahkan melakukan beberapa latihan kegel.

2. Pijat Ringan

Pijat ringan pada leher bisa menjadi cara mudah untuk mengatasi sakit leher pada ibu hamil. Anda bisa memijat leher secara lembut dan perlahan dengan tangan, atau bahkan meminta bantuan dari pasangan atau ahli pijat. Pastikan pijatan yang dilakukan tidak terlalu kuat dan tetap nyaman.

3. Gunakan Bantal Tambahan

Memiliki bantal tambahan bisa menjadi pilihan yang baik untuk mengatasi sakit leher pada ibu hamil. Gunakan bantal yang nyaman dan cukup tinggi untuk menopang kepala dan leher Anda saat tidur. Dengan bantal yang cukup tinggi, Anda bisa mencegah leher Anda terlalu condong ke depan dan menciptakan tekanan pada leher dan pundak.

4. Mengonsumsi Air Putih yang Cukup

Pastikan Anda mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya. Air putih bisa membantu menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dan menjaga lendir di sekitar kepala terkendali. Air putih juga bisa membantu mencegah kejang otot dan mencegah dehidrasi.

5. Olahraga Renang

Jika Anda mencari cara yang menyenangkan untuk mengatasi sakit leher selama kehamilan, cobalah untuk berenang secara teratur. Berenang adalah olahraga yang bermanfaat bagi ibu hamil karena tidak hanya membantu menjaga kondisi fisik tetapi juga membantu mengurangi tekanan pada leher dan sendi. Pastikan Anda membawa peralatan renang yang memadai dan tidak berenang terlalu jauh dari pengawas renang.