RAKYAT.NEWS, HEALTH – Kanker otak merupakan jenis kanker yang menjadi penyebab kematian yang tinggi, kanker otak juga memiliki dampak signifikan pada kualitas hidup penderita. Dalam hal ini, mengetahui kanker otak beserta gejala-gejala yang perlu diwaspadai sangatlah penting.

Kanker otak sendiri merupakan jenis kanker yang bisa menyerang semua lapisan otak, baik pada otak besar maupun otak kecil. Hal ini tentunya dapat berdampak pada berbagai area fungsi otak seperti kontrol gerakan, konsentrasi, memori, dan bahkan kemampuan berbicara.

Mengetahui gejala-gejala dari kanker otak adalah sangat penting untuk mengetahui bahwa seseorang sedang mengalami masalah kesehatan di dalam otaknya. Gejala-gejala kanker otak tidak selalu sama pada setiap kasus, namun ada beberapa gejala yang harus diwaspadai seperti berikut:

1. Sakit Kepala

Sakit kepala yang terus menerus dan tidak bisa diatasi dengan obat biasa adalah salah satu tanda penderita kanker otak. Jika merasa sakit kepala selama lebih dari sehari dan terasa hebat, sebaiknya periksakan kondisi otak anda.

2. Gangguan Penglihatan

Gangguan penglihatan yang sering terjadi adalah penglihatan ganda. Selain itu, penderita bisa melihat benda dengan warna yang berbeda atau hanya melihat kotak-kotak.

3. Kejang

Kejang-kejang terjadi ketika bagian-bagian di dalam otak tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kejang yang disebabkan kanker otak bisa menjadi gejala awal dari kondisi tersebut.

4. Perubahan Sifat

Perubahan sifat seperti mudah tersinggung, cemas berlebihan, hingga depresi juga bisa menjadi gejala kanker otak. Kondisi ini terjadi ketika bagian otak yang bertanggung jawab pada emosi dan perilaku terganggu.

5. Gangguan Fungsi Tubuh

Kanker otak juga bisa menyebabkan gangguan pada fungsi tubuh tertentu seperti kesulitan berbicara, berjalan, menelan, atau merasakan stimulan pada bagian tubuh tertentu seperti tangan dan kaki.