RAKYAT.NEWS, HEALTH – Saat berolahraga, jangan hanya fokus pada perut dan paha. Namun, latihan otot lengan juga harus dilakukan untuk membentuk tubuh ideal yang seimbang dan proporsional. Berikut adalah latihan otot lengan yang paling efektif untuk membentuk tubuh ideal Anda.

Baca Juga : TNI AU Berduka, Seorang Prajurit Gugur dalam Latihan Terjun Payung
1. Push Up

Latihan ini sangat efektif untuk membentuk otot dada, bahu, dan lengan. Untuk melakukannya, posisikan tubuh Anda di bawah tangan dan kaki yang terulur lurus. Pastikan tangan Anda terletak di bawah bahu, dengan jari-jari tangan terbuka melebar sejajar dengan bahu. Turunkan tubuh Anda sampai hampir menyentuh lantai, kemudian angkat kembali ke posisi awal. Lakukan 3-4 set dengan 10 repetisi setiap set.

2. Chin Up

Latihan ini sangat bagus untuk membentuk bahu, punggung, dan lengan bagian atas. Untuk melakukannya, gantungkan diri Anda di chin up bar dan angkat tubuh Anda hingga dagu Anda melewati bar. Turunkan kembali tubuh Anda ke posisi awal. Jika sulit, cobalah menggunakan alat bantu seperti resistance band. Lakukan 3-4 set dengan 10 repetisi setiap set.

3. Tricep Dips

Latihan ini sangat baik untuk membentuk otot tricep pada lengan. Untuk melakukannya, letakkan tangan Anda di atas bangku atau kursi dengan jari-jari tangan menghadap ke bawah. Dorong tubuh Anda turun sehingga lengan bawah Anda menjadi sejajar dengan tanah. Lalu dorong tubuh Anda kembali ke posisi awal. Lakukan 3-4 set dengan 10 repetisi setiap set.

4. Bicep Curls

Latihan ini sangat baik untuk membentuk otot bicep pada lengan. Untuk melakukannya, pegang dumbell di dua tangan, lalu tekuk lengan Anda ke atas hingga dumbell hampir menyentuh bahu Anda. Turunkan kembali lengan Anda ke posisi awal. Lakukan 3-4 set dengan 10 repetisi setiap set.

5. Hammer Curl

Latihan ini juga sangat baik untuk membentuk otot bicep pada lengan. Posisi tubuh sama dengan Bicep Curls, namun dalam posisi ini tangan harus berada dalam posisi tegak lurus dengan tubuh dan jari-jari tangan mengepal menghadap ke atas. Lakukan gerakan mengangkat dumbell ke atas hingga hampir menyentuh bahu Anda. Turunkan kembali lengan Anda ke posisi awal. Lakukan 3-4 set dengan 10 repetisi setiap set.