RAKYAT.NEWS, KESEHATAN – Jika batuk tidak kunjung mereda bahkan sudah berhari-hari, hal ini bisa menjadi masalah serius dan memerlukan penanganan lebih lanjut. Batuk yang tidak berhenti bisa mengganggu kualitas hidup, seperti kesulitan tidur, tidak bisa berkonsentrasi, hingga merusak hubungan sosial karena sering bersin-bersin dan batuk.

Berikut beberapa cara mengatasi batuk tidak berhenti dengan mudah:

1. Minum air putih yang cukup

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh adalah hal yang penting untuk mengatasi batuk yang tidak berhenti. Ketika tubuh kekurangan cairan, lendir yang ada di tenggorokan akan menjadi lebih kering dan sulit untuk keluar. Dengan minum air putih yang cukup, lendir akan lebih encer dan mudah dikeluarkan melalui batuk. Selain itu, air juga membantu melembabkan tenggorokan yang teriritasi.

2. Minum ramuan herbal

Ramuan herbal seperti teh jahe, jeruk nipis, madu, dan kayu manis diketahui dapat mengurangi batuk dan membantu melembabkan tenggorokan. Jahe dan kayu manis dapat membantu melegakan saluran udara, sedangkan madu dan jeruk nipis mengandung sifat anti-inflamasi yang dapat mengurangi radang tenggorokan. Ramuan herbal ini juga dapat membantu menenangkan sistem imun dan menambah daya tahan tubuh.

3. Hindari merokok dan di tempat berdebu

Merokok dan paparan lingkungan berdebu menjadikan tenggorokan lebih iritasi dan memperburuk batuk yang tidak berhenti. Jika Anda merokok, sebaiknya hentikan kebiasaan tersebut untuk mempercepat pemulihan. Jika Anda berada di tempat berdebu, pakailah masker atau alat pelindung pernapasan.

4. Lakukan kunyahan permen

Kunyahan permen dapat membantu melembabkan tenggorokan dan meredakan batuk. Selain itu, permen juga dapat meningkatkan produksi air liur yang dapat mempercepat pengenceran lendir dan membantu mengurangi batuk.

5. Mengonsumsi obat batuk dari dokter

Jika batuk tidak kunjung mereda bahkan setelah menerapkan beberapa cara di atas, konsultasikanlah ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang memadai. Dokter bisa memberikan obat batuk yang sesuai dengan gejala yang dialami dan jenis batuk yang diderita.