RAKYAT.NEWS, KESEHATAN – Lidah Buaya adalah tanaman yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak lama. Tanaman ini juga dikenal dengan nama Aloe Vera, yang berasal dari kata Latin, ‘Alloeh’ yang artinya ‘bersinar’. Lidah Buaya menggunakan daunnya yang tebal dan lengkap dengan duri yang mempunyai sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi yang kuat dapat digunakan untuk berbagai keperluan medis dan kosmetik.

Lidah Buaya tumbuh subur di daerah kering dan berpasir, Biasanya di daerah mentari seperti di Afrika dan Timur Tengah. Namun sekarang tanaman ini banyak ditemukan di hampir semua negara termasuk Indonesia. Lidah Buaya sangat mudah ditanam, bahkan bisa tumbuh subur di pekarangan rumah biasa.

Berikut adalah beberapa manfaat dari Lidah Buaya:

1. Menyembuhkan Luka Bakar

Lidah Buaya dapat digunakan sebagai pengobatan pertama pada luka bakar ringan. Cukup oleskan gel lidah buaya secara langsung pada luka bakar. Gelnya akan menenangkan kulit dan mengurangi rasa sakit.

2. Mengobati Jerawat

Lidah Buaya juga dapat digunakan untuk mengobati masalah kulit seperti jerawat. Campurkan gel lidah buaya dengan sedikit madu dan oleskan pada wajah Anda. Lalu biarkan selama 15-20 menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

3. Mengurangi Kemerahan dan Gatal Akibat Eczema

Manfaat lain dari Lidah Buaya adalah dapat mengurangi kemerahan dan rasa gatal pada kulit yang terkena eczema. Cukup oleskan gel lidah buaya pada area yang terkena eczema pada kulit dan biarkan beberapa menit.

4. Mengurangi Kolestrol dan Kandungan Gula Darah

Lidah Buaya juga diketahui dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan membantu mengurangi kadar gula darah dalam tubuh. Gel pada daun Lidah Buaya dapat diambil dan dicampurkan dengan air untuk diminum setiap pagi.

5. Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Cukup minum jus Lidah Buaya sebanyak 1 hingga 2 sendok makan untuk meredakan gejala radang tenggorokan. Lidah Buaya dapat membantu mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit dalam waktu yang relatif cepat.