RAKYAT.NEWS, KESEHATAN – Human Immunodeficiency Virus (HIV) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia. Ketika virus ini tidak diobati, maka akan menyebabkan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS). Selama tiga dekade terakhir, HIV/AIDS telah menyebabkan kematian bagi jutaan orang di seluruh dunia. Berikut adalah fakta-fakta penting tentang HIV/AIDS yang perlu diketahui.

1. HIV tidak sama dengan AIDS.

HIV adalah virus yang menyebabkan AIDS. Setelah terinfeksi HIV, seseorang tidak langsung terkena AIDS. AIDS adalah kondisi medis yang terjadi setelah sistem kekebalan tubuh seseorang sangat lemah sehingga menjadi rentan terhadap infeksi serius seperti pneumonia dan kanker.

2. Anda bisa terinfeksi HIV melalui hubungan seksual.

Seksual adalah cara paling umum penularan HIV. Virus tersebut terdapat dalam cairan tubuh seperti darah, sperma, cairan vagina, dan ASI. Banyak orang terinfeksi dalam hubungan seksual yang tidak dilindungi.

3. Melakukan tes HIV sangat penting.

Tes HIV dilakukan untuk menentukan apakah seseorang terinfeksi virus tersebut. Ada dua jenis tes HIV: tes antibodi dan tes antigen. Tes antibodi dapat mendeteksi apakah tubuh telah menghasilkan antigen untuk melawan HIV, sedangkan tes antigen dapat mendeteksi protease enzim yang diproduksi oleh virus tersebut.

4. Mencegah penularan HIV.

Tidak ada obat untuk HIV saat ini. Namun, ada beberapa cara untuk mencegah penularan virus tersebut seperti menggunakan kondom pada setiap hubungan seksual dan memastikan kebersihan jarum suntik yang digunakan jika Anda menggunakannya.

5. Seseorang yang terinfeksi HIV dapat hidup dengan normal.

Meskipun tidak ada obat untuk HIV, banyak orang yang terinfeksi virus tersebut dapat hidup dengan normal dengan pengobatan dan perawatan yang tepat. Pengobatan HIV bertujuan untuk menekan jumlah virus dalam tubuh. Terapi antiretroviral dapat membantu orang dengan HIV hidup lebih lama dan lebih sehat.