RAKYAT.NEWS, HEALTH – Daun mint adalah salah satu jenis tanaman herbal yang biasanya dijadikan sebagai bahan pengharum atau sebagai lalapan. Tapi siapa sangka, daun mint juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini adalah manfaat daun mint untuk meningkatkan kesehatan tubuh.

1. Membantu pencernaan

Daun mint mengandung zat seperti mentol, yang dapat membantu mengurangi gejala diare, kram perut, maag, serta mual dan muntah. Jika kamu sering merasakan gejala-gejala tersebut, cobalah untuk memasukkan teh daun mint ke dalam menu harianmu.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Daun mint juga memiliki khasiat untuk membantu rileksasi dan ketenangan tubuh. Oleh karena itu, minum teh daun mint sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Daun mint juga dapat membantu mengurangi insomnia atau susah tidur.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Zat yang terkandung dalam daun mint seperti vitamin C dan flavonoid merupakan antioksidan alami yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan mengonsumsi daun mint secara teratur, tubuhmu akan lebih kuat dalam melawan berbagai macam penyakit dan infeksi.

4. Membantu mengatasi sakit kepala

Daun mint juga memiliki sifat sebagai pembuka pembuluh darah yang tersumbat pada kepala. Dengan mengonsumsi daun mint atau mengoleskan minyak daun mint pada kepala, sakit kepala yang disebabkan oleh vasokonstriksi dapat diatasi.

5. Meningkatkan konsentrasi

Mentol yang terkandung dalam daun mint dapat merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan konsentrasi otak. Jika kamu merasa gelisah atau sulit berkonsentrasi saat bekerja atau belajar, minumlah teh daun mint agar tubuhmu lebih rileks dan konsentrasi meningkat.

6. Mengurangi stres

Stres dapat mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan termasuk kesehatan. Daun mint dapat membantu mengurangi rasa stres dan kecemasan. Dengan menghirup aroma daun mint atau minum teh daun mint, tubuhmu akan menjadi lebih rileks dan stres berkurang.