RAKYAT.NEWS, HEALTH – Pepaya adalah buah tropis yang sangat populer di Indonesia. Selain rasanya yang manis dan segar, pepaya juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh:

1. Menjaga kesehatan pencernaan

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu memecah protein dalam makanan dan memfasilitasi pencernaan. Serat yang terkandung dalam pepaya juga membantu menjaga kesehatan usus dan mencegah sembelit.

2. Menurunkan risiko terkena kanker

Pepaya mengandung senyawa anti-kanker seperti karotenoid, likopen, dan flavonoid. Senyawa-senyawa ini dapat membantu melindungi sel-sel dari kerusakan dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Pepaya kaya akan vitamin C dan antioksidan, yang dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin C membantu mencegah infeksi dan membantu tubuh memproduksi kolagen, yang diperlukan untuk menjaga kesehatan kulit.

4. Membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung

Serat dan kalium yang terkandung dalam pepaya dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung dengan menjaga tekanan darah tetap stabil dan menjaga kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Meningkatkan kesehatan mata

Pepaya mengandung vitamin A dan beta-karotenoid, yang baik untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga kesehatan retina dan mencegah katarak.

6. Menjaga kesehatan kulit

Pepaya mengandung enzim papain dan vitamin A, yang dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan membuat kulit tampak lebih sehat dan cerah.

Dalam memperoleh manfaat pepaya, hindari mengonsumsi pepaya yang belum matang atau terlalu masak. Karena peptain pada pepaya yang belum matang cukup besar dan dapat menyebabkan sakit perut ketika dikonsumsi. Sedangkan pepaya yang terlalu masak akan mengurangi nutrisi penting di dalamnya.

Selain dikonsumsi langsung, pepaya juga bisa diolah menjadi jus, salad buah, atau digunakan sebagai bahan masker wajah.