RAKYAT.NEWS, HEALTH – Penurunan kualitas jaringan tulang adalah sebuah kondisi medis yang seringkali dihubungkan dengan terjadinya penyakit tulang, seperti osteoporosis atau osteopenia. Kondisi ini ditandai dengan melemahnya struktur jaringan tulang, sehingga tulang menjadi rapuh.

Beberapa faktor penyebab terjadinya penurunan kualitas jaringan tulang dan penyakit tulang, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Usia

Penurunan kualitas jaringan tulang dan risiko penyakit tulang meningkat seiring dengan bertambahnya usia seseorang. Kondisi ini seringkali terjadi pada orang yang telah mencapai usia lanjut, yang telah mengalami penurunan hormon estrogen pada wanita dan hormon testosteron pada pria.

2. Kurangnya asupan nutrisi

Kekurangan asupan nutrisi seperti kalsium, vitamin D, magnesium, dan fosfor dapat menyebabkan penurunan kualitas jaringan tulang. Kondisi ini terutama dialami oleh orang yang tidak mengonsumsi makanan yang seimbang, serta yang memiliki gaya hidup yang kurang sehat.

3. Kurangnya aktivitas fisik

Menghabiskan waktu yang terlalu lama untuk duduk atau berbaring, tanpa melakukan aktivitas fisik yang cukup dapat menyebabkan penurunan kualitas jaringan tulang. Hal ini terutama dialami oleh orang yang bekerja di kantor atau pekerjaan yang mengharuskan mereka untuk menghabiskan waktu lama duduk.

4. Konsumsi alkohol dan merokok

Merokok dan mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan penurunan kualitas jaringan tulang. Kedua hal tersebut mempengaruhi kesehatan tulang dengan cara yang berbeda, di mana merokok menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan tulang, sementara alkohol merusak jaringan tulang secara langsung.

5. Penyakit tertentu

Beberapa penyakit tertentu dapat menyebabkan penurunan kualitas jaringan tulang dan risiko terjadinya penyakit tulang, seperti diabetes, tiroid, dan penyakit ginjal. Kondisi ini terjadi karena penyakit tersebut mempengaruhi daya serap tulang atau mengganggu keseimbangan antara pembentukan tulang baru dan penghancuran tulang lama.