RAKYAT NEWS, Kesehatan -Tumor tiroid jinak adalah kondisi di mana ada pertumbuhan abnormal dari sel-sel tiroid yang tidak bersifat kanker. Meskipun tidak bersifat kanker, tetapi tumor tiroid jinak dapat menyebabkan gejala yang mengganggu dan jika tidak diobati dapat berkembang menjadi tumor yang lebih besar.

Gejala tumor tiroid jinak

Gejala tumor tiroid jinak dapat bervariasi pada setiap orang. Beberapa orang mungkin tidak mengalami gejala sama sekali, sedangkan yang lain mungkin mengalami beberapa gejala berikut:

1. Pembengkakan di leher
Pembengkakan di leher yang terkait dengan tumor tiroid jinak dapat berkembang secara perlahan selama beberapa tahun tanpa menyebabkan rasa sakit atau ketidaknyamanan. Pembengkakan ini bisa terlihat atau dirasakan setelah memakan makanan atau minuman.

2. Kesulitan menelan atau terasa sesak di tenggorokan
Jika tumor tiroid jinak tumbuh cukup besar dan menekan trakea atau esofagus, orang tersebut dapat merasakan kesulitan menelan atau terasa sesak di tenggorokan.

3. Suara serak atau suara berat
Tumor tiroid jinak yang berada di dekat saraf laring dapat menyebabkan suara serak atau suara berat yang tidak berhubungan dengan infeksi saluran pernapasan.

4. Nyeri atau rasa tidak nyaman di leher
Jika tumor tiroid jinak cukup besar, orang tersebut dapat merasakan tekanan yang tidak nyaman atau rasa sakit di leher. Rasa sakit dan ketidaknyamanan ini dapat menyebar ke bahu dan punggung atas.

5. Perubahan suhu tubuh, peningkatan berat badan, dan kelelahan
Meskipun ini jarang terjadi, tumor tiroid jinak yang membesar dapat menghasilkan lebih banyak hormon tiroid dari yang dibutuhkan oleh tubuh dan menghasilkan gejala seperti peningkatan suhu tubuh, peningkatan berat badan, dan kelelahan.

Penyebab tumor tiroid jinak

Tidak ada penyebab pasti dari tumor tiroid jinak. Namun, beberapa faktor yang diketahui dapat meningkatkan risiko seseorang untuk mengembangkan kondisi ini, termasuk: