RAKYAT NEWS, Kesehatan – Jantung bocor atau yang juga dikenal dengan istilah “penyakit jantung bawaan” adalah kondisi di mana terjadi kelainan atau cacat pada saluran-saluran dan jantung anak-anak sejak lahir. Jantung bocor pada anak dapat menyebabkan sirkulasi darah yang buruk, meningkatkan tekanan pada paru-paru, serta mengurangi jumlah oksigen di dalam tubuh. Berikut ini beberapa gejala jantung bocor pada anak.

Sesak Napas

Sesak napas atau yang juga disebut dengan istilah dyspnea, adalah gejala jantung bocor yang paling umum terjadi pada anak-anak. Kondisi ini terjadi ketika jantung anak tidak mampu memompa darah dengan baik sehingga darah yang dipompa tersebut tidak cukup untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh. Hal ini menyebabkan anak menjadi sulit bernapas dan sering terengah-engah.

Rasa Lelah

Rasa lelah atau kelelahan yang tidak wajar juga merupakan gejala jantung bocor pada anak-anak. Anak dengan jantung bocor sering merasakan cepat kelelahan pada saat melakukan aktivitas fisik atau bermain. Hal ini dikarenakan jantung anak tidak mampu memompa darah dengan baik sehingga kebutuhan oksigen dan nutrisi tidak tercukupi.

Sianosis

Sianosis atau yang juga disebut dengan istilah kulit dan bibir yang kebiruan merupakan gejala jantung bocor yang sangat terlihat pada anak-anak. Hal ini terjadi karena darah yang mengalir ke seluruh tubuh tidak cukup untuk membawa oksigen yang cukup. Kondisi ini dapat terjadi pada bibir, kuku, bahkan pada kulit anak, terutama pada bayi yang baru lahir.

Pertumbuhan terhambat

Jantung bocor jika tidak diobati dapat menyebabkan anak mengalami pertumbuhan terhambat dan juga mengalami berat badan yang berlebihan terutama pada bayi. Anak dengan jantung bocor sulit untuk mendapatkan nutrisi yang cukup dari makanan karena sirkulasi di dalam tubuh yang tidak lancar.

Kebingungan dan pusing

Jantung bocor dapat menyebabkan anak mengalami kebingungan dan pusing. Hal ini dikarenakan darah yang tidak cukup mengalir ke otak sehingga menyebabkan anak mengalami gejala yang bisa mengganggu keseharian.