RAKYAT NEWS, Kesehatan – Ambeien atau juga dikenal sebagai wasir adalah sebuah kondisi medis yang sering terjadi pada usia lanjut, namun dapat dialami oleh siapa saja. Pasien ambeien biasanya merasakan sakit, gatal, dan sulit buang air besar. Memang, operasi adalah langkah yang paling umum dilakukan untuk mengatasi ambeien. Namun, tidak semua orang akan merasa nyaman melakukan operasi. Oleh karena itu, kami akan memberikan beberapa tips ampuh untuk mengatasi ambeien tanpa operasi.

1. Perhatikan asupan makanan Anda

Diet Anda berperan penting dalam pengobatan ambeien. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya serat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan sereal. Hindari makanan pedas, berlemak, dan tinggi gula. Selain itu, pastikan Anda minum banyak air untuk menjaga tubuh terhidrasi.

2. Hindari duduk terlalu lama

Duduk terlalu lama dapat memperburuk kondisi ambeien. Pastikan Anda mengambil jeda sesekali untuk berdiri atau berjalan sejenak. Namun, jangan berdiri atau berjalan terlalu lama juga, karena bisa memperparah nyeri pada area ambeien.

3. Lakukan latihan kegel

Latihan kegel bertujuan untuk mengencangkan otot-otot panggul, termasuk otot-otot yang berperan dalam buang air besar. Lakukan latihan kegel secara teratur untuk menjaga kondisi ambeien Anda.

4. Gunakan obat-obatan topikal

Anda dapat menggunakan obat-obatan topikal seperti salep, krim, atau gel untuk meredakan nyeri dan gatal pada area ambeien. Pastikan untuk membaca instruksi penggunaan dengan teliti sebelum menggunakan obat-obatan ini.

5. Lakukan sitz bath

Sitz bath adalah metode perawatan yang melibatkan rendaman air hangat pada area panggul. Rendam daerah ambeien dalam air hangat selama sekitar 15-20 menit. Lakukan 2-3 kali sehari untuk mengurangi peradangan pada area ambeien.

6. Hindari tekanan pada area ambeien