RAKYAT NEWS, Kesehatan – Biang Keringat merupakan masalah kulit yang umum terjadi akibat keringat berlebih. Ini dapat dilihat pada orang dewasa dan anak-anak di iklim panas dan lembab. Gejala biang keringat antara lain benjolan merah kecil atau ruam yang menyebabkan rasa gatal dan terbakar. Ini dapat diobati dengan penggunaan pengobatan alami yang dapat membantu mengurangi iritasi dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh kondisi ini. Berikut sepuluh pengobatan rumahan untuk biang keringat:

1. Minyak kelapa

Minyak kelapa merupakan pelembab alami yang dapat digunakan untuk menyejukkan kulit dan mengurangi kemerahan serta gatal akibat biang keringat. Oleskan sedikit minyak kelapa ke area yang terkena dan biarkan selama lima belas hingga dua puluh menit sebelum mandi.

2. Mandi oatmeal

Mandi air panas dengan oatmeal dapat membantu mengurangi rasa gatal dan peradangan yang disebabkan oleh biang keringat. Tambahkan setengah cangkir oatmeal ke air mandi Anda dan rendam di dalamnya selama lima belas hingga dua puluh menit.

3. Lidah buaya

Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi yang disebabkan oleh biang keringat. Oleskan gel lidah buaya segar ke area yang terkena dan biarkan selama lima belas hingga dua puluh menit sebelum dicuci.

4. Mentimun

Mentimun dikenal karena sifat pendinginannya yang dapat membantu mengurangi rasa gatal dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh biang keringat. Iris mentimun dan letakkan di area yang terkena selama beberapa menit untuk menenangkan kulit.

5. Serbuk kayu cendana

Serbuk kayu cendana dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan gatal-gatal akibat biang keringat. Campurkan bubuk cendana dengan air untuk membuat pasta dan oleskan ke area yang terkena. Biarkan selama lima belas sampai dua puluh menit sebelum mencucinya dengan air.

6. Soda kue

Soda kue dikenal dengan sifat basa yang dapat membantu mengurangi rasa gatal dan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh biang keringat. Campur baking soda dengan air untuk membuat pasta dan oleskan ke area yang terkena. Biarkan selama lima belas sampai dua puluh menit sebelum mencucinya.

7. Daun mint

Daun mint memiliki sifat mendinginkan yang dapat membantu mengurangi panas dan iritasi akibat biang keringat. Hancurkan beberapa daun mint dan oleskan ke area yang terkena selama beberapa menit untuk menenangkan kulit.

8. Teh kamomil

Teh kamomil dapat digunakan untuk mengurangi peradangan dan gatal-gatal akibat biang keringat. Oleskan kantong teh kamomil ke area yang terkena selama beberapa menit untuk menenangkan kulit.

9. Daun mimba

Daun mimba memiliki sifat antiseptik yang dapat membantu mengurangi infeksi akibat biang keringat. Hancurkan beberapa daun nimba dan oleskan ke area yang terkena selama beberapa menit untuk mengurangi rasa gatal dan ketidaknyamanan.

10. Jus lemon

Jus lemon adalah zat alami yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi yang disebabkan oleh biang keringat. Campur jus lemon dengan air dan oleskan ke area yang terkena selama beberapa menit untuk menenangkan kulit.