KESEHATAN – Tidak semua pencuri membutuhkan barang-barang curiannya. Ada yang sebenarnya tidak perlu tapi tetap mencuri karena begitu ingin melakukan kejahatan tersebut. Inilah salah satu ciri orang yang menderita kleptomania.

Baca Juga : Video Pencurian di Minimarket Tangerang, Kapolres Angkat Suara

Kleptomania adalah dorongan yang tak tertahankan untuk mencuri. Bahkan, pengidap kleptomania bisa membelinya dan bahkan tidak membutuhkan barang tersebut.

Berikut beberapa fakta penting tentang kleptomania

1. Orang yang menderita kleptomania tidak dapat menahan keinginan untuk mencuri

Orang dengan kleptomania memiliki dorongan kuat untuk mencuri setiap kali ada kesempatan. Hal ini terjadi pada penderita kleptomania akibat penurunan hormon serotonin.

2. Pasien mayoritas wanita

Menurut penelitian para psikolog, mayoritas penderita kleptomania adalah wanita. Karena wanita membutuhkan lebih banyak dari pria dan lebih rentan terhadap gangguan psikologis.

3. Gejala kleptomania

Seringkali, pengidap kleptomania mengalami kecemasan yang intens saat akan melakukan tindakan pencurian. Dan ketika dia berhasil, dia akan sangat lega dan juga bahagia.

4. Faktor keturunan dan gangguan psikologis

Keturunan dan gangguan psikologis seperti gangguan kepribadian, gangguan bipolar, depresi dan gangguan kecemasan merupakan faktor yang dapat membuat seseorang menderita kleptomania.

5. Mencuri hal-hal yang tidak dibutuhkan

Penderita kleptomania sering mencuri barang-barang yang tidak mereka butuhkan. Karena mereka mencuri hanya untuk memenuhi hasrat mereka.

6. Sulit diobati

Meski penyakit psikis ini sulit disembuhkan dan parahnya korban akan dibayangi penyakit ini. Psikoterapi dapat membantu mengekang keinginan untuk mencuri sampai batas tertentu.

Baca Juga : Karyawan Sebar Video Pencuri Coklat, Ini Tindakan Alfamart