KESEHATAN – Beberapa orang mungkin menghindari makan saat mereka stres. Namun, ternyata jenis makanan tertentu dapat membantu Anda dan mengurangi stres serta mengontrol kesehatan mental Anda.

Baca Juga : Implementasi Visa Second Home Belum Dapat Terlaksana, Berikut Penjelasannya

Berikut delapan makanan yang bisa membantu meredakan stres.

1. Ikan dengan omega-3

Beberapa jenis ikan kaya akan asam lemak omega-3 dan dapat menjadi penghilang stres. Ini termasuk ikan teri, sarden, dan herring, serta salmon, trout, dan mackarel.

Kandungan DHA (decosahexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid) pada ikan ini berperan penting dalam menjaga kesehatan otak.

“Meningkatkan asam lemak omega-3 dapat membantu mengatur bagaimana tubuh kita menangangi stres,” katanya.

Karena stres dapat menyebabkan peradangan pada tubuh, maka dengan makan lebih banyak omega-3, kadar kortisol akan turun, sehingga membuat tubuh lebih sehat dan kuat.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa omega-3 membantu menekan respons kortisol setelah stres berat.

Makan ikan berlemak omega-3 juga dapat membantu mengurangi gejala gangguan kecemasan klinis. Itu didasarkan pada tinjauan kursus baru-baru ini dan meta-analisis dari 19 uji klinis lebih dari 2.200 peserta di 11 negara.

2. Vitamin B12 dalam kerang

Makanan penurun stres lainnya termasuk berbagai kerang, seperti tiram, yang tidak hanya mengandung omega-3, tetapi juga kaya akan vitamin B12.

Keduanya adalah nutrisi penting dalam diet yang berhubungan dengan berkurangnya kecemasan, kata psikiater Dr.  Drew Ramsey, asisten profesor studi klinis di Columbia University Vagelos College of Physicians and Surgeons.

Faktanya, vitamin B, termasuk vitamin B12, dapat membantu menjaga sistem saraf, kata Martha McKittrick, ahli diet terdaftar di New York City yang memberikan saran nutrisi dan pelatihan kesehatan bagi banyak penderita New York.

Kekurangan vitamin B dapat meningkatkan risiko gejala yang berhubungan dengan depresi, seperti lekas marah, kelelahan, dan depresi.

Vitamin B12 tidak diproduksi oleh tumbuhan, jadi, jika Anda seorang vegetarian, Anda harus dapat memastikan bahwa Anda mengonsumsi vitamin B12 dari makanan padat atau suplemen.