KESEHATAN – Dalam 100 gram nasi putih (sekitar 1 sendok makan nasi) mengandung sekitar 152 kalori.  Sedangkan satu bungkus mie instan mengandung sekitar 350 kalori.

Baca Juga : Waspada! 3 Tanda Pasangan Selingkuh

Jika kita konsumsi bersama, tentunya asupan kalori yang kita dapatkan dalam sekali makan sudah 500 kalori lebih dari sekedar nasi dan mie. Kalori yang berlebih akan disimpan sebagai lemak oleh tubuh.  Secara bertahap, ini dapat menyebabkan obesitas.

Asupan kalori yang tinggi akan membuat tubuh stres. Makanan berkalori tinggi biasanya tinggi lemak dan gula. Kandungan ini dapat meningkatkan faktor risiko diabetes tipe dua, penyakit jantung dan kanker.

Satu bungkus mie instan mengandung sekitar 40 gram karbohidrat, sedangkan sebungkus nasi putih mengandung sekitar 38 gram karbohidrat. Jika dikonsumsi bersamaan, jumlahnya juga cukup tinggi.

Karbohidrat juga menghasilkan kalori yang efeknya dapat meningkatkan risiko resistensi insulin. Selain itu, karbohidrat juga dapat meningkatkan kadar glukosa dalam tubuh.

Faktanya, sebuah penelitian oleh American Heart Association yang dilakukan pada tahun 2002 menunjukkan bahwa asupan gula yang tinggi meningkatkan risiko penyakit arteri koroner.

Baca Juga : Pimpinan Ponpes di Subang Rudapaksa Santri, Berikut Faktanya