KESEHATAN – Setiap hari, orang dewasa disarankan untuk minum setidaknya dua liter air untuk memenuhi cairan tubuh. Namun pernahkah Anda bertanya-tanya apa efek dari minum terlalu banyak air pada tubuh bila dikonsumsi secara berlebihan?

Baca Juga : Tekan Stunting Remaja Putri, Pendamping Gizi Aksi Stop Stunting Intervensi Konsumsi TTD

Padahal, dalam kadar normal, air minim memiliki menfaat lebin. Namun, Bila dikonsumsi dalam jumlah berlebih, efek minum air terlalu banyak bisa berakibat buruk bagi tubuh.

1. Perubahan warna urin, urin orang yang sehat berwarna kuning muda sampai jernih. Jika warna urin Anda tetap terang, itu berarti Anda telah minum terlalu banyak air.

2. Sering buang air kecil, karena banyak cairan yang dikonsumsi, secara otomatis meningkatkan cairan yang dikeluarkan. Seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi air, akan buang air kecil lebih dari delapan kali dalam sehari.

3. Jika Anda merasa lelah atau lemah, ginjal yang terus memproses air juga akan memiliki efek samping pada tubuh Anda. Anda masih akan merasa lelah dan lemah, yang akan sedikit mengganggu aktivitas Anda.

4. Lemahnya otot dan mudah kram, berkurangnya kadar elektrolit akibat asupan cairan yang berlebihan menyebabkan keseimbangan tubuh goyah. Efeknya, seseorang bisa merasakan kejang dan kram otot.

Baca Juga : Muzayyin : Pencairan TPP dengan Syarat Boster Satu Keluarga Dinilai Berlebihan