MAKASSAR – Banyak orang mengeluh insomnia atau sulit tidur. Meski mata terpejam, namun pikiran melayang-layang tidak jernih.

Baca Juga : Sering Dapat Sorotan, Andi Utta Tingkatkan Kualitas Pelayanan Kesehatan

Berbagai metode digunakan oleh beberapa orang untuk menyembuhkan insomnia mereka, dan memungkinkan mereka untuk tidur nyenyak saat istirahat.  Tidak jarang, seseorang pergi ke dokter untuk meminta nasihat dan pengobatan agar ia bisa mendapatkan istirahat yang normal, yaitu tidur yang cukup.

Selain ke dokter, apakah ada cara lain?  Seperti dilansir laman Health Line, berikut empat cara mengobati insomnia. Jadi kamu bisa tidur nyenyak.

1. Pijat

Penelitian telah menunjukkan bahwa terapi pijat bermanfaat untuk insomnia, yang dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi tidur di siang hari. Hal ini juga dapat mengurangi perasaan sakit, kecemasan, dan depresi.

Meskipun pijat aman, konsultasikan dengan dokter Anda terlebih dahulu jika ada masalah kesehatan yang dapat menghambat manfaatnya.

2. Meditasi Kesadaran

Sambil duduk diam, ambil napas dalam-dalam dan ulangi. Ini dapat mendeteksi ketidakstabilan fisik dan mental Anda. Anda bisa melakukannya di pagi atau sore hari.

Meditasi kesadaran memiliki banyak manfaat kesehatan yang sejalan dengan gaya hidup sehat, serta meningkatkan kualitas tidur. Kemudian dapat mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, dan meningkatkan pertahanan tubuh.

3. Olahraga

Kemudian olahraga, yang dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Ini dapat meningkatkan mood Anda, memberi Anda lebih banyak energi, membantu Anda menurunkan berat badan, dan meningkatkan kualitas tidur.

Peserta dalam studi 2015 menghabiskan setidaknya 150 menit seminggu selama enam bulan. Selama waktu ini, para peneliti menemukan bahwa orang memiliki gejala insomnia yang sangat sedikit. Mereka juga menunjukkan pengurangan gejala depresi dan kecemasan.

Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda harus melakukan setidaknya 20 menit olahraga sedang sehari.