JAKARTA – Daun mimba (azadirachta indica juss) Ini adalah tanaman pahit dengan sifat netral. Ini adalah tanaman dari famili Meliaaceace. Mimba memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah. Di Jawa, pohon ini disebut imba Atau mimba. Di Madura disebut membha, sementara di Bali disebut intaran.

Baca Juga : Mahasiswa Universitas Dipa Makassar Teliti Sistem Kontrol Keamanan Motor

Menurut berbagai sumber, daun mimba merupakan tanaman dengan berbagai macam bahan kimia. Tumbuhan ini mengandung puluhan atau ratusan, ribuan bahan kimia, sehingga sangat sulit untuk menentukan jenis dan fungsi kandungan setiap bahan aktifnya.

Berikut lima manfaat dan cara mengonsumsi daun mimba, menurut ahli botani H. Schmutter.

1. Pengobatan diare

Berikut cara menyembuhkan diare dengan mimba. Cuci tujuh lembar daun mimba kering. Tuangkan tiga gelas air ke untuk merebus dan sisanya kurang lebih satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum airnya. Agar tidak terlalu pahit, Anda bisa menambahkan madu secukupnya.

2. Penurunan gula darah

Untuk menurunkan kadar gula darah dengan mimba, cuci bersih daun mimba kering. Kemudian rebus dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas.  Setelah dingin, saring airnya dan minum.

3. Pencucian luka (antiseptik)

Berikut cara menggunakannya sebagai antiseptik. Bersihkan segenggam daun mimba. Rebus hingga mendidih.  Kemudian, saring dan dinginkan. Air rebusan tersebut kemudian digunakan untuk membasuh luka baru, memar dan koreng.

4. Mengatasi masuk angin

Salah satu cara mengatasi masuk angin dengan mimba adalah dengan mencuci beberapa lembar daun mimba kering.  Rebus dalam setengah gelas air dan satu rimpang jahe. Setelah dingin, saring airnya dan minum.

5. Menyembuhkan diare

Sedangkan cara mengobati diare dengan mimba adalah dengan mencuci sepertiga genggam daun mimba dan dua jari batang mimba seperlunya. Kemudian semua bahan tersebut direbus dengan tiga gelas air bersih hingga airnya tinggal tiga perempat. Setelah air dingin, silahkan disaring. Kemudian minum gula dua kali sehari sesuai kebutuhan.