GOWA – Unit Kegiatan Khusus (UKK) Korp Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) unit 107 dan Himpunan Mahasiswa Wajo (HIPERMAWA) UIN Alauddin Makassar (UINAM) berkolaborasi gelar kegiatan Donor Darah dengan tajuk “Setetes Darah Akan Membawa Harapan Bagi Sesama” sebagai bentuk kepedulian terhadap kemanusiaan.

Baca Juga: Kolaborasi Bakti Sosial Donor Darah Kumpulkan 29 Kantong Darah

Kegiatan ini berlangsung di pelataran Masjid kampus II UIN Alauddin Makassar, pada Hari Kamis (23/3/2022), pada Pukul 10:00 WITA-Selesai, adapun kegiatan ini dilakukan berangkat dari kesadaran kemanusiaan, melihat bagitu banyaknya masyarakat sakit yang membutuhkan darah.

Ketua UKK KSR-PMI UINAM, Awalia Nur Sakinah, mengungkapkan stok darah di Unit Transfusi Darah (UTD) Kota Makassar semakin menipis sementara jumlah permintaan darah semakin meningkat, kegiatan ini merupakan upaya yang setidaknya bisa menambah ketersediaan stok darah.

“Stok darah di UTD kota Makassar kian hari semakin menipis sedang ada banyak permintaan darah yang masuk” ungkapnya.

Ia menerangkan, dengan kondisi kampus sekarang yang telah memberlakukan kuliah offline atau tatap muka bagi semester II dan IV menjadi peluang dilakukannya donor darah, begitu pula dengan beberapa dosen dan pegawai yang sering menanyakan kegiatan tersebut kapan lagi dilakukan.

“Sekarang kita melihat kondisi kampus yang sudah mulai memberlakukan kuliah offline, tatap muka untuk semester II dan IV nah kondisi ini bisa kita jadikan peluang untuk meningkatkan stok darah baik itu dari mahasiswa, dosen dan pegawai, terlebih kita akan memasuki bulan Ramadhan dimana jumlah pendonor akan menurun secara drastis,” terangnya.

Hal yang sama diungkapkan oleh Ketua Umum HIPERMAWA, Baso Ahmad Zuhair, kegiatan kolaborasi ini adalah upaya aktualisasi rasa kepedulian terhadap sesama manusia. Lebih Lanjut, Ia menerangkan, prinsip yang dibangun oleh HIPERMAWA sendiri bukan hanya sekedar intelektual melainkan juga menyangkut soal spiritual dan kemanusiaan, inilah alasan kenapa dilakukan kegiatan kemanusiaan seperti ini, secara kolaboratif.