KESEHATAN – Varian terbaru Covid-19, Omicron disebut sebagai virus yang memiliki gejala ringan dengan proses pemulihan juga relatif lebih mudah.

Baca Juga : Cegah penyebaran Omicron, Rudenim Makassar Lakukan Screening Pegawai dan PPNPN

Dokter Paru Senior di RS Persahabatan, dr. Erlina Burhan, SpP(K) mengatakan, gejala Omicron mirip dengan flu. Namun, ini tetap memberikan dampak fatal bagi kelompok berisiko jika dihiraukan.

“Gejalanya bervariasi dari orang ke orang, mirip dengan flu namun tidak persis,” katanya, Selasa (22/2/2022).

Ia menganjurkan 4 langkah penting yang harus dilakukan untuk mempercepat proses pemulihan.

Berikut 4 langkah tersebut.

1. Istirahat

Virus Covid-19 merupakan penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya jika sistem kekebalan tubuh mampu mengatasi. Untuk mengoptimalkan hal tersebut, istirahat bisa menjadi salah satu cara terbaik.

Dr. Erlina menjelaskan, isolasi mandiri sebenarnya untuk mengistirahatkan tubuh.

“Ya, jadi tujuan isolasi mandiri adalah bukan hanya mengurung diri, tetapi sebetulnya untuk istirahat. Tubuh anda diberikan istirahat karena memang sedang ada virus, dan virus itu bisa saja membuat berbagai perubahan-perubahan sistem,” jelasnya, dikutip dari health.detik.com, Rabu (23/2/2022).

2. Makanan Bergizi

Tubuh yang kuat tentunya terbentuk dari berbagai asupan gizi. Sistem imun tubuh memerlukan nutrisi untuk bisa berfungsi dengan optimal.

Disarankan untuk menjaga diet atau pola makan dengan nutrisi yang seimbang.

“Artinya, karboidratnya ada, proteinnya ada yang bisa dari ikan, daging ayam, atau sapi, atau bisa dari telur juga bisa. Pokoknya karboidrat, protein atau pun lemak, juga vitamin, sayuran, dan buah-buahan,” saran dr. Erlina.

3. Olahraga

Olahraga selama menjalani isolasi mandiri merupakan salah satu cara yang direkomendasikan oleh beberapa ahli.

Namun, olahraga yang dimaksudkan disini, bukanlah olahraga dengan intensitas tinggi, karena hal tersebut justru akan membuat tubuh semakin drop.