MAKASSAR – Sebagian perempuan kesulitan mengalami orgasme saat melakukan hubungan intim. Penyebabnya terbagi dua, yakni primer dan sekunder.

Masalah orgasme primer terjadi saat seseorang tidak pernah mengalami orgasme selama aktif secara seksual. Sedangkan masalah orgasme sekunder terjadi saat seseorang tak lagi bisa orgasme.

Baca Juga : Menstruasi Bocor, 5 Tips Memilih Pembalut

NHS atau National Health Service memberikan beberapa penyebab perempuan sulit orgasme baik karena faktor fisik maupun psikis.

Berikut 7 Penyebabnya…..

1. Kesehatan Fisik

Masalah yang satu ini mempengaruhi orgasme perempuan dikarenakan nyeri, atau gangguan pada jantung.

2. Alkohol

Perempuan yang mengonsumsi alkohol juga menjadi penyebab perempuan sulit untuk orgasme dikarenakan dapat mempengaruhi aliran darah menuju klitoris yang menjadi bagian paling membutuhkan rangsangan.

3. Kurang Komunikasi

Pasangan yang sulit berkomunikasi dapat menjadi pemicu sulitnya orgasme. Komunikasi menjadi kunci yang penting dalam hubungan seksual, termasuk orgasme.

4. Tidak tahu bagian yang tepat

Tak mengenal diri sendiri menjadi salah satu kendala perempuan saat ingin mencapai klimaks dalam bercinta. Banyak perempuan yang tak tahu titik-titik sensual tubuhnya.

5. Hormon

Adanya perubahan hormon seperti menopause atau konsumsi obat-obatan tertentu juga bisa menghambat orgasme.

6. Kurang Percaya Diri

Penyebab yang satu ini ternyata sering tidak diperhatikan bagi perempuan dalam berhubungan intim sehingga mengalami kesulitan orgasme.

Terapi seks, Kate Moyle mengatakan, rasa percaya diri dan pikiran negatif dapat mencegah seseorang melepaskan dan membiarkan sensasi fisik yang didapatkan saat berhubungan seksual dengan pasangan.

7. Gangguan Mental

Kecemasan, gangguan suasana hati dan depresi bisa menjadi penyebab perempuan sulit orgasme. Gangguan mental ini dapat mengurangi kemampuan seseorang dalam mencapai klimaks.

Baca Juga : 5 Ciri Sperma Sehat Berkualitas

Pilihan Video